Jembatan Cinta Pulau Tidung

Aug 24, 2021

Kategori 

Client 

Mulai 

Selesai 

Lokasi Projek 

Jembatan
-
-
Kategori : Jembatan
Client : -
Mulai :
Selesai :
Lokasi Projek : -

About Project

Jembatan Pulau Tidung atau lebih dikenal dengan nama “Jembatan Cinta” yang menghu-bungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil merupakan salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu dengan panjang total kurang lebih 800 m.

Pada akhis tahun 2016 PT. SAP diminta oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Bina Marga untuk melakukan renovasi Jembatan Cinta yang kondisinya sudah memprihatinkan.

Mengingat Jembatan Cinta yang sebelumnya sudah menjadi destinasi wisata maka PT. SAP dalam perencanaannya dengan berkonsultasi dengan pihak DBM tentu harus berinovasi agar dalam penggunaan anggaran harus menghasilkan nilai lebih sehingga setelah direnovasi harus makin mendunia.

Hal-hal yang menjadi pemikiran saat perencanaan yaitu :

Konstruksi Jembatan dari Pipa-pipa baja dank arena bersentuhan langsung dengan air laut atau udara laut maka masalah “Korosi” harus jadi perhatian dari segi ke”awetan” (umur konstruksi).
Terjadi Korosi pada pipa-pipa besi mulai dari sisi dalam pipa.
Info beberapa kali wisatawan yang sedang terjun dari atas Jembatan Cinta tertabrak Perahu atau Speed Boat yang melintas dibawahnya.
Bagaiman bisa melihat bawah laut dari atas Jembatan.

Dengan pertimbangan diatas maka dituangkan desain sbb :

Sebelum pengecatan harus dilapis Resin dimana lapisan ini air/garam tidak bisa menembus ke lapisan besi terluar dan bahan Cat harus jenis yang tahan garam / kimia.
Korosi dari dalam pipa berarti udara garam masuk kedalam pipa, untuk itu dari segi pelaksanaan semua ujung-ujung pipa harus tertutup rapat dan saat pengelasan harus benar-benar rapat tidak ada lubang sedikitpun
Dibuatkan tempat khusus berupa “Cantilever” untuk terjun ke air dengan permukaan yang transparan dari bahan kaca Tempered Glass yang kuat terhadap beban orang, dengan demikian saat mau terjun bisa melihat ke bawah tanpa terhalang apakah ada perahu / speed boat yang mau melintas dan sebaliknya pengemudi perahu / speed boat dapat melihat ke atas apakah ada orang yang mau loncat.
Agar wisatawan dapat melihat dasar laut dan/atau biota laut maka perlu dipasang lantai dengan bahan transparan berupa Kaca (Tempered Glass) tapi sehubungan dengan terbatasnya anggaran maka dibuat hanya beberapa titik tertentu yang dipasang lantai kaca.
Mengingat Jembatan tersebut dikenal sebagai Jembatan Cinta maka diputuskan untuk pengecatan digunakan warna PINK dan senada untuk variasinya.

X